Pemekaran Kabupaten Luwu – Luwu Tengah Butuh Dua Syarat Lagi

Pemekaran Kabupaten Luwu – Luwu Tengah Butuh Dua Syarat Lagi

Tuesday, 13 March 2012

 

MAKASSAR – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) memasukkan dua berkas lagi sebagai persyaratan administrasi untuk membentuk Kabupaten Luwu Tengah.

Anggota DPRD Sulsel Armin Mustamin Toputiri mengatakan, dua persyaratan tersebut, yakni surat keterangan dari Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang menjelaskan bahwa tidak ada aset Pemprov Sulsel yang akan dihibahkan ke Luwu Tengah dan surat keterangan tentang pegawai pemprov yang akan dipindahtugaskan apabila kabupaten baru tersebut sudah resmi terbentuk. “Kami sudah sampaikan ke Asisten I Pemprov Sulsel (Andi Herry Iskandar) agar menyelesaikan surat keterangan dari Gubernur. Ini tidak jadi masalah karena persyaratan administrasi saja,”ucap Armin.

Menurutnya, jika ingin mempercepat pembentukan Kabupaten Luwu Tengah maupun Bone Selatan, maka harus dilakukan melalui hak inisiatif DPR.Anggota DPR asal daerah pemilihan Sulsel diharapkan menunjukkan tajinya untuk menggalang opsi ini. Politisi Partai Golkar asal Tana Luwu ini mengatakan,proses pemekaran bisa berlangsung lama jika dilakukan lewat jalur formal atau diproses di Kemendagri, karena terganjal oleh adanya moratorium yang tidak menghendaki adanya pemekaran lagi.

“Kita harap Luwu Tengah diproses lewat inisiatif DPR karena kalau di Kemendagri akan terhambat oleh moratorium. Penggunaan hak inisiatif bisa melangkahi moratorium,” katanya. Begitu juga dengan pembentukan Kabupaten Bone Selatan, diharapkan tidak terbentur oleh moratorium.Anggota DPRD Sulsel Rusni Kasman yakin moratorium tidak akan menghalangi pemekaran di Sulsel karena daerah tidak pernah memiliki sejarah buruk dalam pemekaran.

Dia menambahkan,seluruh daerah otonomi baru di Sulsel seperti Luwu Utara, Luwu Timur, Kota Palopo,Toraja Utara, bahkan Pemprov Sulawei Barat yang dimekarkan dari Sulsel saat ini menjadi daerah dengan pertumbuhan ekonomi sangat tinggi dan kondisi keamanannya kondusif.

Untuk mempercepat pembentukan Kabupaten Bone Selatan, lanjut dia, Pemprov dan DPRD Sulsel dalam waktu dekat akan mempresentasikan di depan Komisi II DPR atas hasil kajian Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyatakan bahwa kedua wilayah ini memenuhi seluruh persyaratan untuk dimekarkan. _ supyan umar

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s